Sabtu, 14 September 2013

06.06
5


Untuk postingan Kali Ini, admin ingin ngesahre tentang fungsi Umbai Cacing atau apendiks. Tahukah Kalian? bahwa organ yang kita kira tidak berguna, seperti Umbai Cacing dan Anak Limpa, ternyata sangat membantu kita dalam mempertahankan kesehatan tubuh, ini penjelasannya.

Apendiks disebut juga umbai cacing. Istilah usus buntu yang sering dipakai di masyarakat awam adalah kurang tepat karena usus buntu sebenarnya adalah sekum. Menurut darwin, appendiks berfungsi sebagai salah satu alat pencernaan pada manusia kuno yang telah hilang fungsinya karena evolusi. Banyak orang percaya bahwa Umbai Cacing tidak dibutuhkan dan merupakan organ yang dapat menyebabkan kematian ketika terjadi penyumbatan zat sisa di usus besar. Umbai cacing atau appendix dan anak limpa yang dahulu dianggap tidak bermanfaat, sesungguhnya memiliki keutamaan fungsi tersendiri. Melalui hasil studi yang dilakukan di Mount Sinai School of Medicine, justru organ ’sampah’ inilah yang bekerja sangat keras.

“Sejarah terdahulu menyebutkan ada beberapa bagian tubuh manusia yang dikatakan tidak bermanfaat hanya karena ilmu medis belum memahami fungsi organ-organ tersebut dengan baik,”

Dalam studi terbaru, ilmuwan telah menemukan bahwa anak limpa berperan penting dalam menyehatkan jantung yang rusak. Anak limpa menyimpan kandungan monocytes, yaitu bagian dari sel darah putih yang penting bagi sistem kekebalan tubuh dan bisa memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Faktanya, anak limpa merupakan sumber monocytes yang besar. Sekira 40 hingga 50 persen monocytes tersimpan dalam anak limpa. Berdasarkan hasil penelitian, monocytes dapat memulihkan kondisi jantung setelah terkena serangan.

“Bagi penderita penyakit serangan jantung, monocytes akan membantu menyehatkan jantung dengan cara yang tepat. Jumlah monocytes yang segera terakumulasi setelah terjadinya serangan jantung akan bersirkulasi dalam darah,” kata Laitman.

“Kami menemukan jumlah monocytes yang terakumulasi dalam jantung jauh melebihi jumlah monocytes dalam sirkulasi darah,” tambahnya.

Demikian juga halnya dengan umbai cacing, organ ini pun memiliki peran tersendiri dalam organ tubuh. Pada beberapa hewan, umbai cacing tersebut berfungsi untuk tempat bakteri penghancur selulosa pada tumbuhan, para ilmuwan menyatakan mungkin juga manusia mempunyai bakteri sejenis itu dalam umbai cacing. Tetapi beberapa studi mengungkapkan beberapa fungsi appendiks, yaitu :

1). Fungsi imun.
Sebuah studi menunjukkan bahwa appendiks merupakan tempat bakteri yang berperan dalam pencernaan dalam usus besar. Loren G. Martin, seorang profesor fisiologi di Oklahoma State University, berpendapat bahwa endokrin merupakan dihasilkan oleh janin dan orang dewasa. Sel Endokrin telah ditemukan pada umbai cacing dari bayi berusia 11 minggu, yang berfungsi sebagai pengontrol mekanisme biologis. Pada manusia dewasa, appendiks berfungsi sebagai organ limfatik. Pada Appendiks ditemukan banyak sel-sel limfatik, sehingga diduga appendiks berperan penting pada sistem imun. Zahid mengatakan bahwa appendiks menghasilkan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, dan mengakibatkan tubuh membentuk antigen yang menghasilkan antibodi.

2). mempertahankan bakteri penting dalam usus
Meskipun telah lama para peneliti menerima bahwa jaringan kekebalan tubuh, yang disebut jaringan limfoid usus (yang mengelilingi usus buntu dan usus di tempat lain dalam melakukan fungsi fungsi penting anumber) tetapi masih terdapat penjelasan yang kurang untuk kekhasan bentuk usus buntu dan pentingnya usus buntu. William Parker, Randy Bollinger, dan rekan-rekannya di Duke University menyatakan bahwa usus buntu berfungsi sebagai surga bagi bakteri yang penting. Pernyataan ini didasarkan pada pemahaman baru tentang bagaimana sistem kekebalan mendukung pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan. Fungsi
seperti ini diharapkan akan berguna dalam kesehatan dan sanitasi modern.


Dalam situs harunyahya.com dibahas mengenai Daftar organ vestigial yang telah dibuat oleh ahli anatomi Jerman R. Wiedersheim di tahun 1895. Daftar itu mencakup sekitar 100 organ, termasuk usus buntu dan tulang ekor. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, ditemukan bahwa semua organ di dalam daftar Wiedersheim sesungguhnya memiliki fungsi-fungsi amat penting. Misalnya, ditemukan bahwa usus buntu/umbai cacing, yang dikira "organ vestigial," ternyatanya organ limfoid (penghasil zat antikuman) yang melawan infeksi-infeksi di dalam tubuh.

Organ-organ dan jaringan-jaringan penyusun tubuh lainnya—gondok, hati, limpa, usus buntu, sumsum tulang, dan sekumpulan kecil jaringan limfatik seperti amandel di tenggorokan dan tonjolan Peyer pada usus halus—juga bagian dari sistem limfatik. Mereka juga membantu tubuh melawan infeksi. 


Courtesy From Google.com

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus